Sejarah Singkat OPD

By BADAN KEUANGAN DAN ASET DAERAH 05 Jun 2017, 22:42:25 WIB

SEJARAH SINGKAT BADAN KEUANGAN DAN ASET DAERAH

           Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) awalnya dibentuk berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Kutai Barat Nomor 5 Tahun 2014 Tentang Perubahan Ketiga atas Peraturan Daerah Kabupaten Kutai Barat Nomor 06 Tahun 2008 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Inspektorat, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Lembaga Teknis Daerah Kabupaten Kutai Barat dengan nama Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD). Seiring berjalannya waktu Organisasi Perangkat Daerah yang dulunya merupakan Bagian Keuangan Sekretariat Daerah Kabupaten Kutai Barat ini kemudian ditegaskan kembali oleh Peraturan Daerah Kabupaten Kutai Barat Nomor  7 Tahun 2016 Tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah, Peraturan Bupati Nomor 28 Tahun 2016 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Badan Daerah Kabupaten Kutai Barat dan Peraturan Bupati Kutai Barat Nomor 24 Tahun 2017 Tentang Tugas Pokok, Fungsi dan Uraian Tugas Jabatan Struktural Badan Daerah Kabupaten Kutai Barat.

            Sesuai dengan Visi dan Misinya yang mengacu pada RPJMD Kabupaten Kutai Barat Tahun 2016 – 2021 maka Tujuan yang ingin dicapai adalah Mendorong Peningkatan Kinerja dalam Pengelolaan Pembangunan dan Pemerintahan, sehingga Terciptanya Pemerintahan yang Bersih dan Bebas KKN. Kemudian dengan tujuan yang ingin dicapai tersebut, maka ditetapkan Sasaran sebagai berikut : Terselenggaranya pemerintahan yang semakin transparan dan akuntabel serta membaiknya kinerja penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik. Untuk mencapai Tujuan dan Sasaran diatas maka Badan Keuangan dan Aset Daerah menetapkan Indikator Kinerja Utamanya, yaitu Meningkatnya Kualitas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah.

             Badan Keuangan dan Aset Daerah yang merupakan unsur pelaksana Pemerintah Daerah dengan program prioritasnya adalah pengelolaan keuangan dan aset daerah, dipimpin oleh Kepala Badan dan bertanggung jawab kepada Bupati melalui Sekretaris Daerah ini berkedudukan di Jalan Sendawar I Komplek Perkantoran Kabupaten Kutai Barat.

              Selanjutnya sebagai upaya untuk mewujudkan program kegiatan dan indikator yang telah ditetapkan oleh BKAD diperlukan adanya koordinasi dan komunikasi antar pegawai dan antar bidang sebagai upaya untuk menyelesaikan permasalahan lebih cepat dan tepat, serta melakukan evaluasi dan monitoring terhadap program dan kegiatan pada masing-masing bidang. Pada akhirnya, tujuan dibentuknya Satuan Kerja Perangkat Daerah Badan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Kutai Barat adalah dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi di Kutai Barat melalui pengelolaan keuangan dan aset daerah untuk memacu peningkatan Pendapatan Asli Daerah, mutu pelayanan kepada masyarakat dan mensejahterakan masyarakat.