PKK KUBAR SUPPORT TIM PEMADAMAN KARHUTLA

By Harkenius Bias, S.T 26 Sep 2019, 13:03:25 WIB Kutai Barat
PKK KUBAR SUPPORT TIM PEMADAMAN KARHUTLA

Keterangan Gambar : Foto Bersama Jajaran PKK Bersam Tim Karhutla Saat Meninjau Langsung Lahan Terbakar


SENDAWARTim Penggerak PKK Kabupaten Kutai Barat menyalurkan bantuan kepada Tim Pemadam Kebakaran Hutan dan Lahan, di dua titik kebakaran, yakni di Pos Jaga Cagar Alam Kersik Luway Kampung Sekolaq Darat Kecamatan Sekolaq Darat yang dijadikan sebagai Posko Lapangan dan di Kampung Empas Kecamatan Melak, Rabu (25/9/2019). Bantuan yang diberikan berupa Obat-obatan, Minuman Kesehatan, Air Mineral, Roti, Biscuit dan Mie Instan, serta Masker bagi para petugas lapangan.

 

Ketua TP-PKK Kabupaten Kutai Barat Yayuk Seri Rahayu ditemui disela-sela kegiatan mengatakan “hari ini kami dari Tim Penggerak PKK Kabupaten Kutai Barat mengunjungi Posko lapangan yang ada di Kersik Luway, yang beberapa hari lalu dilanda kebakaran. Jadi kunjungan kami ini, untuk membantu memberikan obat-obatan, minuman dan beberapa bantuan lainnya yang mereka perlukan”, katanya.

 

Yayuk menjelaskan mengaku Prihatin, baik dari sisi petugas dan sarana prasarana pendukung yang memang sangat minim, termasuk persoalan habitat yang ada didalam cagar alam Kersik Luway, salah satunya Anggrek Hitam yang menjadi icon Kutai Barat, terancam habis terbakar.”setelah kita melihat langsung kondisi dilapangan memang sangat memprihatinkan sekali, mulai dari petugasnya yang memang sudah berhari-hari melakukan pemadaman tentu berpengaruh terhadap kondisi fisik dan kesehatan mereka. Belum lagi Kersik Luway inikan banyak menyimpan habitat anggrek didalamnya, salah satunya Anggrek Hitam yang menjadi Icon Kutai Barat yang mestinya terawat dengan baik, ternyata banyak yang ikut terbakar,”jelasnya.

 

Kepala Seksi Rekonstruksi Badan Penanggulangan Bencana DaerahKubar Seldas Limbong dalam kesempatan yang sama menyampaikan terimakasih atas kunjungan dan bantuan yang diberikan oleh Tim Penggerak PKK Kutai Barat. Karena merasa sangat terbantu, terutama dari segi kesehatan yang memang sangat dibutuhkan oleh para petugas dilapangan saat ini. “dari segi kesehatan ya memang kalau dilihat sudah berhari-hari, hampir tiga pekan terakhir menghadapi api dan asap tentu sangat berpengaruh. Kami juga berharap, tiap puskesmas dimana petugas kami memadamkan api, bisa difasilitasi untuk dipriksa kesehatannya, perlu masukan O2 yang segar dan jika ada yang sakit mohon kesediaanya membantu. Kami juga sudah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan, suapaya mereka bisa memfasilitasi untuk bantuannya,”tandasnya.

 

Seldas juga menyebutkan bahwa “dalam melakukan pemadaman api, pihaknya menghadapi sejumlah kendala dilapangan seperti Minimnya Personil dan Keterbatasan Sarana Prasaran, serta tidak ada akses jalan menuju titik api termasuk sumber air yang sulit didapatkan”, sebutnya.

 

Untuk diketahui, Tim Pemadam Kebakaran Hutan dan Lahan di Kabupaten Kutai Barat tergabung dari BPBD Kubar, BKSDA Kalimantan Timur (Kaltim), KPH Batu Ayau, Manggala Agni, dan TNI-Polri.

 

Sementara kabakaran melanda Cagar Alam Kersik Luway sudah terjadi kurang lebih dua pekan terakhir, membakar ratusan hektar di tiga pulau dari empat pulau, tempat puluhan habitat anggrek alam termasuk dua jenis anggrek yang dilindungi yakni Anggreak Hitam dan Anggrek Tebu. Sedangkan di Kampung Empas Kecamatan Melak, kebakaran juga sudah melanda beberapa hari terakhir, dititik yang berbeda-beda.(hms11)

 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment