Perjuangan Indonesia Menghindari Jurang Resesi
Presiden Meminta APBD Segera Dibelanjakan

By BADAN KEUANGAN DAN ASET DAERAH 11 Agu 2020, 13:59:46 WIB Nasional
Perjuangan Indonesia Menghindari Jurang Resesi

Keterangan Gambar : Joko Widodo - Presiden Republik Indonesia


Jakarta - "Kita harapkan, kita ingin (ekonomi) tumbuh, tapi ini memang perlu kerja keras," kata Jokowi.

Hal tersebut disampaikan Jokowi saat memberi pengarahan dari Posko Penanganan Covid-19 Jawa Barat di Kantor Kodam III/Siliwangi, Bandung, Selasa (11/8/2020), yang disiarkan YouTube Sekretariat Presiden.
Presiden Joko Widodo mengakui butuh kerja keras untuk menumbuhkan ekonomi pada kuartal III-2020 dan menghindari Indonesia jatuh ke jurang resesi.
Jokowi menyebutkan, pertumbuhan ekonomi pada kuartal II-2020 yang minus 5,32 persen harus menjadi alarm bagi semua pihak. Ia meminta aktivitas ekonomi sejumlah sektor mulai dibuka dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan untuk mencegah Covid-19.
Jokowi meminta kepada semua gubernur, bupati, dan wali kota agar Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) segera dibelanjakan. Dengan belanja pemerintah yang masif, Jokowi meyakini bahwa roda perekonomian akan kembali bergairah.

"Secara nasional, saya masih lihat anggaran-anggaran itu masih di bank, APBD, masih Rp 170 triliun di bank. Artinya, penggunaannya memerlukan kecepatan, terutama di kuartal ketiga ini," kata Jokowi. "Kunci ada di bulan Juli Agustus dan September supaya kita tidak masuk dalam kategori resesi ekonomi," sambungnya.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment