Mendagri : Presiden Minta Pemda Menyusun Perda Protokol Kesehatan

By BADAN KEUANGAN DAN ASET DAERAH 07 Agu 2020, 07:55:34 WIB Nasional
Mendagri : Presiden Minta Pemda Menyusun Perda Protokol Kesehatan

Keterangan Gambar : Kompas Repository


Menteri Dalam Negeri ( Mendagri) Tito Karnavian mengatakan, Presiden Joko Widodo memerintahkan setiap daerah membuat peraturan daerah ( PERDA) tentang protokol kesehatan Covid-19.

Perda tersebut pun harus dilengkapi sanksi, yang melingkupi dari denda, administrasi hingga kerja sosial. "Sesuai Inpres Nomor 6 Tahun 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus disease 2019 agar masyarakat ada efek jera dalam melanggar protokol kesehatan yang ada," ujar Tito sebagaimana dikutip dari siaran pers di laman resmi Kemendagri, Jumat (7/8/2020).

Menurut Tito, peraturan akan disesuaikan dengan situasi kondisi di setiap daerah.

 

Dengan begitu akan mempermudah penegak hukum seperti TNI dan Polri untuk menegur masyarakat yang tidak mematuhi protokol kesehatan, salah satunya soal penggunaan masker. Tito mengatakan, perda diperlukan lantaran inpres tidak bisa memuat sanksi. "Inpres adalah untuk memerintahkan kepatuhan dan memerintahkan kepada kepala daerah pemda untuk membuat aturannya di daerah masing-masing disesuaikan dengan situasi lokal yang ada," jelas Tito.

 

Editor : Staf Program BKAD




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment