KUBAR RAIH WTP UNTUK KELIMA KALINYA

By Harkenius Bias, S.T 07 Jul 2020, 10:06:37 WIB Kutai Barat
KUBAR RAIH WTP UNTUK KELIMA KALINYA

Keterangan Gambar : Foto Bersama Bupati Kutai Barat dan Jajarannya Usai Menerima Opini WTP


SENDAWAR- Pemerintah Kabupaten Kutai Barat (Kubar) kembali menerima opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), berdasarkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun anggaran 2019, yang diserahkan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Kalimantan Timur (Kaltim), di Samarinda, Selasa (23/6/2020).

Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kubar, Sahadi saat dikonfirmasi RRI Sendawar, Rabu (24/6/2020) mengatakan, opini tersebut menambah catatan prestasi pelaporan keuangan Pemerintah Daerah, dimana Kutai Barat telah menerima predikat opini WTP sebanyak lima kali berturut-turut sejak tahun anggaran 2015 hingga 2019.

“Terkait WTP tahun ini memang sedikit berbeda, terutama dalam hal pemeriksaan berkaitan dengan pendemi Covid-19 ini. Jadi pada saat pemeriksaan rinci, mereka tidak bisa melakukan pemeriksaan langsung ke objek, kita menggunakan sistem daring atau pemeriksaan jarak jauh. Tapi kita tetap memberikan informasi, data dan segala macam terkait yang diminta oleh mereka (BPK), syukur puji Tuhan kita masih mendapat opini WTP,”katanya

Ia menegaskan, opini WTP tersebut merupkan hasil kerja keras, kerja cerdas dan kerja ikhlas yang dilakukan oleh Kepala Daerah dan jajaran Organisasi Prangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemerintahan Kabupaten Kutai Barat.

“Tapi dari kita, baik dari sistem pelaporan keuangan maupun regulasi aturan keuangan yang lain tetap kita benahi terus. Makanya untuk menuju WTP yang ke-enam kali nanti, mulai sekarang sudah kita petakan, salah satunya masalah aset. Jadi ada beberapa aset kita yang belum bisa digunakan, nah apa kendalanya, itu yang harus kita cari tahu, takut itu nanti menjadi catatan mereka. Kenapa membangun, tapi tidak bisa digunakan ?. Kalau gitukan jadi repot kita, ya minimal dari sekarang kita mendorong itu,”tegasnya

Sahadi menyebutkan, terkait dengan predikat opini WTP tahun anggaran 2019 ini, sedikitnya ada 15 catatan dari BPK RI Perwakilan Kalimantan Timur yang harus diselesaikan oleh Pemerintah Kutai Barat selama 60 hari atau satu bulan ke-depan.

“Jadi tahun lalu kita ada 27 catatan, tahun ini 15 catatan. Dari 15 catatan itupun ada beberapa yang sudah diselesaikan, misalnya seperti ketekoran, salah bayar dan beberapa lainnya sudah kita kembalikan semua. Jadi tidak ada yang urgen, hanya catatan rutin saja. Seperti kami di aset, terkait dengan tata kelola aset, laporan pertanggung jawaban terus masalah pencatatannya. Karena aset inikan memang rumit,”sebut Sahadi.

Disinggung mengenai Reward yang diterima Pemda Kubar atas capaian tersebut, Ia mengaku belum mengetahui pasti. Hanya saja pengalaman beberapa Daerah yang sudah menerima opini WTP lima kali berturut-turut, akan diundang ke Istana Negara untuk menerima penghargaan langsung dari Presiden Republik Indonesia.

Intinya lanjut Sahadi, Pemerintah Daerah saat ini terus berupaya melakukan perbaikan sebagai persiapan menuju WTP yang ke-enam kali, salah satunya dengan menyusun scedul atau jadwal rencana kerja, menunggu arahan dari Kepala Daerah.

Maka itu, seluruh OPD dilingkup Pemerintahan Kubar diajak untuk meningkatkan kerjasama dan koordinasi yang telah berjalan dengan baik selama ini. Karena menurutnya, jika koordinasi berjalan dengan baik secara otomatis sistem pelaporan juga akan optimal.

Apalagi kegiatan tahun ini cukup padat dihadapkan dengan tahun politik, ditambah lagi dengan musibah Pandemi Covid-19 yang belum usai, sehingga perlu komitmen bersama antar perangkat daerah agar terwujudnya hari esok yang lebih baik dari pada hari ini di Bumi Tanaa Purai Ngeriman.

 

 

 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment


Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Pendapat Anda Mengenai WEBSITE INI?
  Diperbanyak lagi berita-beritanya
  Diperbanyak lagi Informasinya
  Diperbanyak lagi Foto Galerinya

Video Terbaru

View All Video

Loading....