KAMPUNG TUKUQ HARUMKAN NAMA KUBAR DAN KALTIM LEWAT UP2K DIKANCAH NASIONAL

By Harkenius Bias, S.T 25 Jul 2019, 12:09:58 WIB Nasional
KAMPUNG TUKUQ HARUMKAN NAMA KUBAR DAN KALTIM LEWAT UP2K DIKANCAH NASIONAL

Keterangan Gambar : Ketua TP-PKK Kabupaten Kutai Barat Menerima Piagam Penghargaan Yang Diserahkan Langsung Oleh Ketua TP-PKK Pusat


PADANG- (24/7) TP-PKK Kabupaten Kutai Barat kembali menorehkan prestasi, usai dibacakan meraih Pakarti Utama II Pelaksana Terbaik Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) pada gelaran Peringatan HKG PKK Tingkat Nasional Ke-47 di lapangan RTH Imam Bonjol Padang Sumatera Barat.

PKK Kabupaten Kutai Barat sebelumnya terpilih mewakili Kalimantan Timur diajang bergengsi tersebut. Oleh karena pada penilaian lomba tahun 2019, Kampung Tukuq Kecamatan Bentian yang maju mempersembahkan hasil karya kerajinan anyaman rotannya untuk diperlombakan.

Ketua TP-PKK Pusat dr. Erni Guntari saat berkunjung kestand pameran Kalimantan Timur yang isi oleh UP2K Kutai Barat menuturkan “hasil kerajinannya bagus dan perlu tingkatkan lagi, terlebih untuk Kutai Barat dengan ciri khas Doyo dan Rotannya dapat lebih kreatif dan memperhatikan sedetail mungkin produk hasil olahannya yang siap di pasarkan sehingga nilai jualnya juga nantinya tinggi, saya harap masing-masing kontingen memanfaatkan ajang ini untuk saling bertukar ilmu dan informasi untuk memajukan daerahnya masing-masing kedepannya”, tuturnya

Ketua TP-PKK Provinsi Kalimantan Timur Hj.Norbaiti ditemui usai menerima penghargaan mengungkapkan “syukur alhamdulilah sangat membanggakan dan membahagiakan dengan kerja keras yang membuahkan hasil terbaik, warga pedalaman Kutai Barat di Kampung Tukuq yang berjarak 6 jam dari Ibukota Sendawar membuktikan bahwa daerah pedalaman juga mampu bersaing dilevel nasional, terima kasih untuk seluruh pihak yang mendukung”,ungkapnya.

Sementara itu Ketua TP-PKK Kabupaten Kutai Barat Yayuk Seri Rahayu sesaat setelah Kampung Tukuq dinyatakan sebagai Juara Kedua mengatakan “saya sangat senang dengan hasil kerja keras seluruh anggota Tim Penggerak PKK Kabupaten, PKK Kecamatan Bentian Besar, PKK Kampung Tukuq dan dukungan penuh Pemerintah Kabupaten juga seluruh masyarakat serta pendampingan PKK Provinsi Kaltim sehingga gelar juara ini dpaat diraih, ini adalah anugerah Tuhan yang luar biasa”, katanya.

Selanjutnya Yayuk menyebutkan bahwa “dengan prestasi ini semoga para pengrajin lebih meningkatkan produktivitasnya dan terus berinovasi untuk menghasilkan produk yang terbaik karena Pokja II Kabupaten sangat konsen mendukung hal tersebut dan untuk Pokja lainnya pun mari kita sama-sama bekerja dan fokus untuk melakukan program kerja sesuai tupoksi masing-masing sesuai dengan 10 Program Pokok PKK, Sehingga moment hari ini menjadi motivasi dan semangat agar lebih baik lagi dan terus bekerja serta berkarya untuk kesejahteraan keluarga”, harapnya.

Kampung Tukuq dinilai sangat sukses mengembangkan UP2K yaitu kerajinan anyaman rotan menjadi berbagai produk olahan berkualitas seperti tikar, tas motif, sepatu, topi dan lain sebagainya. Pada area pameran HKG di Padang pun produk rotan Kampung Tukuq yang pamerkan banyak laku terjual. Hal ini menandakan produk kearifan lokal Kutai Barat jika dikemas dan dipasarkan dengan cara yang efektif dan efisien maka akan laku pula dipasaran.(HMS11)

 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment