Ijin Terbang NAM AIR Belum ada, Maskapai batal mendarat di Bandara Melalan

By BADAN KEUANGAN DAN ASET DAERAH 10 Agu 2020, 12:20:06 WIB Kutai Barat
Ijin Terbang NAM AIR Belum ada, Maskapai batal mendarat di Bandara Melalan

Keterangan Gambar : NAM AIR


Kutai Barat - Rencana mendaratnya Pesawat NAM Air di Bandara Melalan, Kutai Barat ( Kubar ) Provinsi Kalimantan Timur yang dijadwalkan pada Jumat (7/8/2020) batal terlaksana. dikarenakan belum terbitnya surat izin terbang atau Flight Approval (FA ) dari Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI.

Kepala Bandara Melalan Kubar Sumaryanto, ditempat saat mengkonfirmasi, membenarkan adanya pembatalan penerbangan NAM Air di Bandara Melalan.

"Ya benar, rencananya memang hari ini mulai penerbangan perdana. Tapi harus tertunda. Bahkan bukan cuma tertunda, melainkan cancel," kata Sumaryanto.

Pihak Bandara Melalan sudah mengeluarkan slot time untuk pendaratan pesawat ATR-72 milik Sriwijaya Group tersebut. Hanya saja seharusnya slot time ini menjadi lampiran untuk pengajuan izin terbang atau FA ke Dirjen Perhubungan Udara. Namun dari NAM Air ternyata pengajuan ijin dilakukan 1 hari  sebelum jadwal penerbangan. Sehingga pada hari terjadwal penerbangan perdana izin FA belum dikeluarkan.

"NAM Air ini, kan penerbangan baru. Jadi seharusnya dari sejak awal mengurus FA-nya. Ini informasinya baru kemarin surat permohonannya ke Dirjen Perhubungan Udara diajukan," kata dia lagi. Sumaryanto belum bisa memastikan kapan pesawat yang diharapkan masyarakat Kubar itu jadi mendarat di Bandara Melalan. Karena tergantung dari pihak NAM Air dan keluarnya izin FA dari Kemenhub.

"Harapan kita bisa segera, karena ini yang ditunggu-tunggu juga oleh masyarakat. Tapi kan tergantung dari Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub dan dari Nam-nya sendiri," ungkapnya.

Sebelumnya, dijadwalkan, Nam Air akan mulai melayani penerbangan menuju Kutai Barat pada 7 Agustus 2020.Penerbangan itu semula dijadwalkan dengan tujuan dari Bandar Udara APT Pranoto Samarinda ke Bandar Udara Melalan (Kubar) dijadwalkan pukul 08.30 Wita. Sedangkan penerbangan dari bandar udara Melalan ke Samarinda pukul 09.40 Wita pulang pergi (PP). Seminggu dijadwalkan dua kali penerbangan PP.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment