Dasar - dasar Penulisan Berita di Website
Teknik Penulisan

By Rusmini, SE 29 Mei 2019, 17:01:47 WIB BKAD
Dasar - dasar Penulisan Berita di Website

Keterangan Gambar : Situasi Ruang Pertemuan


Pelatihan Jurnalistik dan Pengelolaan Website dilaksanakan Selasa, 28 Mei 2019 bertempat di kantor Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kalimantan Timur. Kegiatan tersebut diikuti 11 peserta dari Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kutai Barat.

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kaltim Endro S Efendi membuka dan sekaligus menjadi narasumber Pelatihan Jurnalistik dan Website. Materi yang disampaikan mengenai Dasar-dasar Penulisan Berita.

Dia mengenalkan apa itu tulisan yang dalam dunia wartawan lazim disebut pers. Dalam perkembangan zaman media pers ikut berinovasi. Data media bisa didapat dari media cetak berkembang ke media elektronik atau biasa disebut dalam jaringan (daring) dan luar jaringan (luring).

Pers memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan apalagi di era sekarang, dimana kita bisa dengan sangat mudah mendapatkan informasi. Terkait dengan hal itu Alumni PPRA LVII Lemhanas RI ini menekankan bahwa tulisan atau informasi yang disampaikan harus bisa dipertanggungjawabkan.

Dalam pemaparannya terdapat beberapa hal pokok yang harus diketahui untuk menjadi penulis. Teknik menulis berita secara umum dapat dirangkum berikut ini. Bahasa jurnalistik harus jelas, sederhana, hemat kata, tidak mubazir, tidak monoton dan mengurangi kata yang disingkat. Berita yang disampaikan adalah yang teraktual, faktual, penting dan menarik.

Rumus penulisan yang umum digunakan di media cetak maupun online adalah 5W+1H. Rumus ini merupakan 6 rangkaian pertanyaan yang terdiri dari What, Where, When, Why, Who dan How.

Pria yang sangat mencintai dunia menulis ini mengatakan kita harus mengaplikasikan pertanyaan tersebut dalam sebuah berita agar berita yang disajikan menjadi lengkap. Rangkaian acara terlaksana dengan lancar dan peserta bersukacita mengikuti. Harapannya bisa membawa dan menerapkan ilmu yang telah diterima.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment