Dampak Pandemi pada Perolehan Pajak Kendaraan Bermotor

By BADAN KEUANGAN DAN ASET DAERAH 10 Agu 2020, 10:53:58 WIB Kutai Barat
Dampak Pandemi pada Perolehan Pajak Kendaraan Bermotor

Keterangan Gambar : Kepala UPT Bapenda Wilayah Kaltim di Kubar Akhmad Sarkawi


Kepala UPT Bapenda Wilayah Kaltim di Kubar Akhmad Sarkawi, Selasa (4/8/2020) mengatakan, pandemi covid-19 sangat berpengaruh pada pendapatan daerah. Utama pada sektor pajak kendaraan bermotor. Hal ini dikarenakan, masyarakat terbatas aktivitasnya.

kita maklumi, karena masyarakat banyak yang ragu untuk membayar pajak. Karena takut. Lagi pula untuk mencegah penyebaran covid-19 ini juga, memang aktivitas masyarakat dibatasi, untuk tidak keluar rumah," kata dia. Berbagai upaya pun dilakukan oleh Pemprov Kaltim untuk memaksimalkan perolehan pajak kendaraan bermotor. Salah satunya dengan memberikan keringanan bagi wajib pajak, TMT ( Terhitung mulai tanggal ) wajib pajak mati.

Lebih lanjut dijelaskan, keringanan diberikan bagi pemilik kendaraan yang masa pajaknya mati satu tahun dengan potongan pokok, yaitu 10 persen, kemudian yang mati 2 tahun 15 persen, sedangkan yang 3 tahun 20 persen, untuk yang 5 tahun diberikan keringan pemotongan 30 persen.

Keringanan sesuai dengan pergub Nomor 31 Tahun 2020 ini, semula diberikan masa tenggang waktu, terhitung sejak pertanggal 2 Juni sampai 31 Juli 2020. Namun atas keputusan Pemprov untuk diperpanjang hingga September 2020 mendatang. Pelayanan akan dibuka dari pukul 08.00 Wita hingga pukul 13.30 Wita. Pelayanan tetap menggunakan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran covid-19.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment