BKAD Kutai Barat menggelar Asistensi SIPD Murni

By BADAN KEUANGAN DAN ASET DAERAH 12 Sep 2020, 19:59:54 WIB BKAD
BKAD Kutai Barat menggelar Asistensi SIPD Murni

Keterangan Gambar : BKAD Kabupaten Kutai Barat menggelar asistensi SIPD murni.


Bkad.kutaibaratkab.go.id – Jumat,11 september 2020 Bertempat di area perkantoran, BKAD Kabupaten Kutai Barat menggelar asistensi SIPD murni.

SIPD itu sendiri merupakan suatu sistem yang mendokumentasikan, mengadministrasikan, serta mengolah data pembangunan daerah menjadi informasi yang disajikan kepada masyarakat dan sebagai bahan pengambilan keputusan dalam rangka perencanaan, pelaksanaan, evaluasi kinerja pemerintah daerah.

Dalam hal ini pemerintah telah menerbitkan UU Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional; PP Nomor 8 Tahun 2008 yang lebih lanjut dijabarkan dalam Pasal 13 Permendagri Nomor 54 Tahun 2010 tentang Tata Cara Pelaksanaan PP Nomor 8 Tahun 2008; UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah; dan Permendagri Nomor 8 Tahun 2014 tentang Sistem Informasi Pembangunan Daerah.

Dengan diterbitkannya beberapa payung hukum itu, pemerintah daerah memiliki kewajiban terkait data dan informasi.

  • Pertama, pemerintah daerah wajib menyediakan informasi pemerintahan daerah yaitu: informasi pembangunan daerah dan informasi keuangan daerah.
  • Kedua, informasi pemerintahan daerah dikelola dalam suatu sistem informasi pemerintahan daerah.

Langkah konkretnya, pemerintah daerah harus mengumpulkan, mengisi, dan mengevaluasi data SIPD. Selanjutnya, data SIPD itu diolah dan disajikan dalam bentuk informasi pembangunan daerah.

Dalam praktiknya BKAD dan Satuan Kerja Perangkat Daerah Kabupaten Kutai Barat secara perdana menggunakan SIPD yang merupakan penerapan sistem yang baru dan menggantikan SIMDA yang sebelumya digunakan untuk pengelolaan sistem informasi keuangan daerah.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment